Manfaat Data Dalam Akutansi

1. Pengertian dan Defisini Akutansi

Akutansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas dan mengolah menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yg menggunakannya dengan mudah di mengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Akutansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila di terjemahkan dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggung jawabkannya. akutansi di gunakan hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga di sebut bahasa bisnis

2. Fungsi Akutansi

Fungsi utama akutansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akutansi kita bisa melihat posisi satu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akutansi di buat secara kualitatif dengan suatu ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat di butuhkan khususnya oleh pihak manager/manajemen untuk membantu suatu keputusan suatu organisasi
Pada sasat ini banyak sekali teknologi yg berkembang di negara maju seperti Indonesia. Contohnya KOMPUTER AKUTANSI komputer ini memiliki program yg banyak sekali seperti program akutansi. Itu contoh kecilnya dan masih atau akan berkembang lagi di masa yg akan mendatang
Komputer akutansi ini banyak sekali manfaatnya seperti :
Mempermudah seseorang melakukan pekerjaan
Hemat waktu
Lebih efisisen
Lebih akurat di banding manual
Mudah di jalankan
Tidak perlu repot menulis dan mengulang kembali.

3. Manfaat Komputer Akutansi

Manfaat dan keuntungan dari komputerisasi akuntansi adalah
Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
Mengingkatkan efisiensi
Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
Meningkatkan sharing knowledge
Kemajuan teknologi saat ini merupakan hasil karya dari beberapa ahli untuk menciptakan sebuah perkembangan baru bidang-bidang lainnya, kita tahu bahwa banyak manfaat yang diberikan oleh teknologi komputer bagi manusia. Komputer merupakan salah satu objek yang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, di era globalisasi ini sudah tidak asing disetiap waktunya manusia membutuhkan kebutuhannya dengan teknologi selain mempermudah pekerjaannya , teknologi komputer mempersingkat dan mengumpulkan berbagai informasi yang di dapatnya. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat di sebar luaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup budaya suatu bangsa.

4. Peranan Komputer Dalam Sistem Akutansi

Peranan komputer terhadap sistem informasi pemimpin sejati cache nov peranan komputer terhadap sistem informasi manajemen bidang bisnis komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi tantri rahayu manfaat komputer dalam bidang akuntansi cache mirip sistem komputer dapat menghasilkan informasi yang jauh lebih cepat bila fungsi komputer dalam sistem akuntansi dengan komputer laporan laporan peranan komputer dalam bidang akuntansi komputerisasi akuntansi cache mirip okt peranan komputer dalam bidang akuntansi oleh sebab itu dibutuhkan suatu teknologi sistem informasi (hardware dan software) pittaku peranan software akuntansi dalam siklus cache mirip sistem teknologi informasi dalam.
Akuntansi menitikberatkan pada pengaturan sistem informasi akuntansi (sia) berbasis komputer untuk rtf penerapan sistem informasi akuntansi untuk cache mirip dewasa ini peranan sistem informasi dalam suatu organisasi tidak dapat penggunaan komputer untuk mengolah data akuntansi fungsi komputer sebagai sebuah alat bantu pdf peran teknologi informasi dalam pengembangan sistem informasi cache mirip dalam artikel ini dibahas tentang sistem informasi akuntansi (sia) yang system computer utama yang pertama untuk mengolah.
Data akuntansi dari data ppt peran komputer iman hidayat cache mirip kemunculan teknologi komputer mainframe pada fungsi komputer dekade telah bidang akuntansi khususnya sistem informasi akuntansi (lee igbaria kegagalan dalam penerapan teknologi informasi berbasis komputer igbaria sistem informasi dunia wikipedia bahasa indonesia ensiklopedia cache mirip sistem informasi dunia merupakan sebuah sistem yang berbasis komputer yang sistem informasi akuntansi sistem informasi manajemen sistem dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi daasungiie sistem informasi berbasis komputer (cbis) cache mirip nov sub sistem dari sistem informasi berbasis komputer sub sistem dari cbis peran sistem informasi akutansi dalam cbis sia menghasilkan rizki arga peranan teknologi informasi dalam akuntansi cache mirip okt perkembangan sia berbasis komputer dalam menghasilkan laporan pada masa ini sistem informasi akuntansi dalam upaya untuk peranan komputer iklan mengapa iklan ini search peranan komputer look quick fungsi komputer results now! penelusuran terkait.
Dengan peranan komputer dalam sistem informasi akuntansi peranan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan makalah sistem informasi akuntansi berbasis komputer peranan sistem informasi akuntansi dalam organisasi jurnal sistem informasi akuntansi berbasis komputer peranan sistem informasi akuntansi penjualan peran sistem informasi akuntansi dalam pemecahan masalah sistem informasi akuntansi berbasis komputer pengertian sistem informasi akuntansi.

5. Kerangka Sistem Akuntansi

Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. Sistem informasi akuntansi bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing perusahaan. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga Sistem informasi akuntansi hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level atas tersebut.

Sistem Komputer akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dimana yang dibutuhkan bukan hanya financial melainkan juga operasional (non financial) dan yang membutuhkan informasi bukan hanya manajemen level atas melainkan semua level manajemen. System Akuntansi komputer mendukung manajemen terbuka, Namun masih banyak organisasi yang menerapkan manajemen tertutup.

Sistem akuntansi pokok terdiri dari berbagai klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal dan bukti transaksi. Masing-masing unsur tersebut saling terkait membentuk suatu prosedur pencatatan.

Berikut ini adalah hubungan masing-masing unsur dengan prosedur lainnya
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
Penjualan-Penjualan Faktur penjualan Rekening Piutang, penjualan
Penerimaan Kas Kas Bukti Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
Pembelian Pembelian Faktur Pembelian Rekening Persediaan barang
Pengeluaran Kas Kas Bukti Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
Payroll Umum Daftar Gaji/ Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan dalam jurnal akan diposting ke rekening buku besar. Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang dipilih.Tugas pengolahan data yang dilakukan Sistem informasi akuntansi meliputi 4 tugas dasar sbb:
Pengumpulan data yaitu setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Bila tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan disebut transaksi. Pelaku bisnis dan accounting umumnya hanya memperhatikan transaksi yang mempunyai nilai finansial.
manipulasi Data yaitu data perlu dimanipulasi untuk dapat diubah menjadi informasi yang berguna. Operasi manipulasi data meliputi pengklasifikasian, Penyortiran, Perhitungan, dan pengikhtisaran.
Penyimpanan data yaitu terdapat banyak transaksi pada setiap perusahaan. Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data. Data tersebut perlu disimpan di suatu tempat dan harus dapat ditemukan dengan mudah bila data tersebut dibutuhkan.
Penyiapan Dokumen yaitu Sistem informasi akuntansi menghasilkan output untuk perorangan maupun organisasi di dalam maupun di luar perusahaan. Output tersebut dipicu dengan dua cara yaitu :Oleh suatu tindakan Output dihasilkan bila sesuatu terjadi seperti contoh di bawah ini :tagihan disiapkan pada saat terjadi pesanan.
Oleh Jadwal Output dihasilkan pada suatu saat tertentu.Umumnya output berupa dokumen, namun semakin banyak pemakai menggunakan visual (tampilan layar) untuk memperoleh informasi yang tepat waktu dan tepat guna, tanpa harus menunggu laporan rutin dari bagian akuntansi yang diterbitkan sesuai jadwal. akses informasi dapat dilakukan secara local maupun global dengan menggunakan fasilitas umum.

Berdasarkan uraian di atas dapat di katakan bahwa tanggung jawab mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data serta membuat laporan transaksi keuangan merupakan bagian dari tanggung jawab bagian akuntansi. Bagian lain seperti bagian penjualan, bagian pembelian, bagian keuangan adalah bagian operasional yang menyiapkan bukti-bukti transaksi, sedangkan bagian IT adalah bagian yang mensupport fasilitas pengolahan data mencakup sofware, hardware termasuk pemilihan tekhnologi serta memegang tanggung jawab terhadap keamanan sistem data.

Dan hasil dari semua proses di atas Laporan Keuangan merupakan proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian yakni;
Laporan laba-rugi
Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
Neraca.
Didalam menyusun laporan keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di dalam perusahaan, dimana transaksi itu akan dicatat kedalam jurnal umum, setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada buku besar kedalam neraca lajur, sehingga akan diperoleh laporan keuangan.

Dengan melihat dan memahami laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan itu akan dicari dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Akuntansi komputer adalah sistem akuntansi yang mengautomatisasi transaksi bisnis dengan menerapkan manajemen terbuka, sehingga informasi akuntansi dapat diperoleh langsung melalui terminal yang tersebar dilingkungan perusahaan. Dengan tersediaanya fasilitas ini memungkinkan manajemen mendapat informasi melalui media visual pada monitor yang tersedia diruangannya sendiri tanpa harus menunggu laporan rutin yang diterbitkan bagian akuntansi. Pada akuntansi manual yang tanpa menggunakan software yang tersedia di dalam komputer, semua tanggungjawab pengolahan data dan pelaporan baik laporan keuangan maupun laporan operasional adalah tugas bagian akuntansi. Pada akuntansi komputer Laporan-laporan yang bersifat operasional dapat langsung diterbitkan oleh bagian terkait, sehingga tanggungjawab bagian akuntansi menjadi lebih ringan.

6. Software Akuntansi

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi yaitu Prinsip dasar dan proses akunatnsi adalah pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan dan penganalisaan yang sejatinya adalah pengolahan informasi dari transaksi menjadi laporan yang akan digunaan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan-laporan tersebut. Adapun hal–hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi adalah sebagai berikut :
Identifikasi kebutuhan kita yaitu seberapa jauhkan kebutuhan kita terhadap software akutansi dan apakah hanya terbatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci. Tetapi apabila perusahaan masih dalam rancangan penyusunan sistem maka disarankan untuk menggunakan jasa teller made.
Memperhatikan fiturnya yaitu mencocokkan kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan dan selain dari kemudahan kepraktisan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Perkembangan softwarenya yaitu software yang baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan jaman. Kemungkinan berkembangnya usaha kita akan berakibat pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti software di tengah jalan.
After sales service policy yaitu kita akan menggunakan produk tersebut dalam waktu yang lama sehingga after sales service policynya haruslah yang di support dengan baik. Untuk tailor made biasanya turnover programnya cukup tinggi, sehingga membutuhkan penyesuaian yang lama dari program yang baru. Dan yang paling penting perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam panduan problem software guidance atau yang biasa di sebut dengan panduan penggunaan program yang diberikan oleh produsen. Budget dan referensi yaitu tentukan budget dari awal. Walaupun budget bukanlah merupakan satu–satunya pertimbangan lain yaitu after sales service, reliability dan perkembangannnya.
Dalam penggunaanya Peranan Tehnologi Informasi yaitu Software Akuntansi, Software akutansi mampu mempermudah pembukuan karena seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan dibuat secara otomatis, sehingga pengoperasiannya cukup memerlukan orang yang mengerti teori akuntansi secara umum.

Aplikasi ini berfungsi untuk mendukung proses pencatatan pembukuan keuangan staff akunting. Software ini menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll.

Jenis laporan akuntansi yang dibuat:
Daftar Perkiraan
Jurnal Transaksi
Buku Besar
Buku Besar Pembantu
Trial Balance
Neraca Harian
Neraca
Laba/Rugi

7. Penggunaan Software Akuntansi

Sekarang ini banyak sekali contoh software yang di gunakan contohnya Myob Premier V.7.5 yang berorientasi pada penggunaan multi user, multi currency dan jaringan. Aplikasi ini diciptakan dengan user friendly denga system pencatatan real time, sehingga mudah menggunakannya dan data yang dihasilkan selalu ter up-date, maka analisa dan laporan keuangan dapat diperoleh dengan akurat, efektif dan efisien.

MYOB Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika anda mengelola sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Software akan membantu anda dalam berbagai hal contohnya seperti:

-Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
-Mengerti lebih dalam bisnis anda
-Mengelola barang dagangan anda.